Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya

Tech Things Blog | INDOZA - Belajar memahami pengertian intranet , internet dan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari. Jika kita bicara mengenai "internet" gua rasa hampir semua orang di dunia ini mengetahui apa itu internet , menyerupai yang kita tau bahwa internet merupakan salah satu daerah mengakses segala sumber gosip , baik itu ilmu pengetahuan , tutorial ataupun gosip yang lainya. Tanpa adanya internet mungkin perkembangan teknologi tidak akan berkembang menyerupai sekarang ini dan pastinya kita akan sangat sulit menerima gosip yang kita butuhkan , namun apakan anda tahu selain internet ada juga yang namanya intranet ??dan apakah anda juga tahu perbedaan internet dan itranet..?? Nah pada postingan kali ini gua akan membahas hal tersebut barangkali dari anda ada yang belum tau ihwal "pengertian internet dan intranet" sekaligus perbedaanya berikut ulasanya , silakan dibaca.

Pengertian Internet dan Intranet
Pengertian atau definisi Internet 
Internet (interconnection-networking) merupakan sebuah jaringan besar yang saling bekerjasama dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna komputer diseluruh dunia , lewat telepon , satelit atau mampu juga dengan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia , memberi jalan bagi gosip (mulai dari text , gambar , audio , video , dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar gosip , digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
Pengertian internet secara umum ialah kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara eksklusif ataupun tidak eksklusif (Nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan untuk pertukaran data menggunakan protokol TCP/IP , internet tidak hanya komunikasi antar perangkat komputer , melainkan juga perangkat lainnya menyerupai mobile device dan bahkan aneka macam bentuk peralatan lainnya.

Pengertian atau definisi Intranet
Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP layaknya internet hanya saja penggunaannya lebih dibatasi atau lebih tertutup jadi tidak semua orang dapat secara mudah mengakses intranet dan hanya orang-orang tertentu saja yang mampu masuk dan menggunakan intranet. Hal ini bertujuan untuk menjaga sebuah gosip yang penting supaya tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.
Biasanya intranet di gunakan dalam internal perusahaan , kantor , Intranet kemeperin , bahkan WARNET dapat juga di golongkan sebagai intranet.
Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang menunjukkan tulang punggung komunikasi jarak jauh
Keuntungan atau kelebihan menggunakan intranet
1. Intranet membantu pengguna untuk menemukan gosip lebih cepat , menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya , serta mengakses database yang diperlukan.
2. Perusahaan dapat menunjukkan gosip yang lebih lengkap dan cepat dari pada menunjukkan gosip melalui email kepada setiam karyawan.
3. Memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan) maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
4. Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara mudah.
5. Pengguna tidak perlu lagi membaca data fisik menyerupai buku manual , pengguna dapat membaca data melalui web browser.
6. Intranet menjamin keseragaman gosip yang diterima sebab semua pengguna melihat gosip yang sama dalam intranet.

Setelah mengetahui pengertian internet dan intranet di atas kita dapat menyimpulkan perbedaan internet dan intranet yaitu :
Perbedaan Internet dan Intranet

Baca juga : Sejarah Perkembangan Internet dan Intranet

   Itu tadi penjelasan singkat dari gua mengenai pengertian internet dan intranet , Mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau dalam artikel ini terdapat beberapa kesalahan kata ataupun ejaan yang kurang benar. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktu untuk berkunjung keblog ini dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Kritik dan saran dapat anda masukan pada kotak komentar dibawah ini , gua akan berusaha merespon secepat mungkin segala bentuk kritik dan saran dari anda.

Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous