Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Tech Things Blog | INDOZA - Belajar dasar mengenai pengertian dan jenis jenis Perangkat Lunak komputer (Software) dan Fungsinya. Software merupakan sekumpulan data elektronik yang telah di simpan dan di atur oleh komputer , data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa aktivitas atau arahan yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.Software atau perangkat lunak komputer di bedakan menjadi dua macam yaitu software berbayar dan software gratis.
Software berbayar adalah perangkat lunak yang di distribusikan untuk tujuan komersil , setiap pengguna yang ingin menerima software tersebut biasanya dilakukan dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang menjualnya. Para pengguna yang menggunakan software ini biasanya tidak di ijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin oleh penerbitnya.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu , berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas” , namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai aktivitas apapun yang didistribusikan gratis , tanpa biaya tambahan. Sebuah pola utama ialah suite browser dan mail client dan Mozilla News , juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Macam-macam dan Fungsinya  perangkat lunak komputer antara lain :

  • Sistem Operasi
Perangkat Lunak Komputer dan FungsinyaSistem Operasi (Operating System) atau yang biasa disingkat OS , merupakan perangkat lunak (software) sistem yang bertugas melaksanakan kontrol dan administrasi perangkat keras serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem Komputer. Manajemen ini termasuk menjalakan software aplikasi ibarat program-program pengolah kata , pemutar multimedia , dan sebagainya.
Sampai ketika ini kita mengenal bermacam-macam sistem operasi , diantaranya:

a. )   Microsoft Windows , sistem operasi windows diproduksi oleh perusahan Microsoft Corp. Sisitem operasi ini dalam perkembangannya terdiri dari beberapa versi , misal: Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x) , Windows 9x (windows 95 ,98 , dan Windows ME) , dan Windows NT ( Windows NT 3.x , Windows NT 4.0 , Windows 2000 , Windows XP , Windows server 2003 , Windows Vista , Windows 7 (seven) dan akan riliss Windows Orient.

b.)   Unix , sistem operasi ini menggunkan antar muka sisitem  operasi POSIX.

c.)    Mac OS ialah sisitem operasi untuk komputer keluaran Apple yang disebut juga Mac atau Macintos

  • Perangkat lunak Aplikasi
Perangkat lunak apalikasi  adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer eksklusif untuk melaksanakan suatu peran yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan banyak sekali kemampuan komputer , tapi tidak secara eksklusif menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu peran yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi ialah pengolah kata , lembar kerja , dan pemutar media.

  • Bahasa Pemrograman
Pengertian bahasa pemrograman ialah suatu perangkat lunak dan bahasa yang digunakan untuk membuat program-program komputer atau sering disebut sebagai bahasa komputer. Bahasa pemrograman menggunakan sistem tata bahasa tertentu atau kata-kata unik untuk dijadikan kode yang bisa menjalankan perintah tertentu pada komputer. Bahasa pemrograman inilah yang membentuk struktur perangkat lunak sebagai inti dari komputer untuk menjalankan perangkat keras. Tanpa perangkat lunak yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman , maka perangkat keras tidak akan berjalan dengan baik atau bahkan tidak dapat berjalan sama sekali.

Bahasa pemrograman pada komputer dapat di bedakan menjadi tiga yaitu :

a.)   Bahasa tingkat  rendah.
Bahsa tingkat rendah termasuk ke dalam bahasa mesin karenas ifat dan bahasa mesin  lebih beriorentasi pada mesin. Bahasa ini hanya dapat dipahami  oleh mesin itu sendiri. Bahsa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang aada di dalam komputer yang biasany diwakili oleh angka 1 dan 0. Misalnya Assembly language , Machine language ddan RPG( Report Program Generator)

b.)   Bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat tinggi ialah bahasa yang ditunjukan untuk pengguna yang awam. Misal : BASIC , COBOL , PASCAL , FOLTRAN.

c.)   Bahasa generasi keempat
Bahsa pemrograman 4 GL (fourth generation language) merupakan bahasa yang beriorentasi pada objek yang disebut  dengan Objek Oriented Programming (OOP). Msal: Visual Basic , Delphi , dan Visual C++.

  • Program bantu (utility)
Pengertian dan Fungsi Program Bantu Utility merupakan salah satu unsur dari sistem software yang berfungsi membantu pengoperasian sistem , antara lain: mempersiapkan media disk , membuat duplikat disk atau file , membuat atau menghapus proteksi suatu sistem software , memperbaiki bab file atau disk yang rusak , menguji kebenaran komputer dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :
Itutadi sedikit ulasan dari sya mengenai Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya , agar artikel ini bermanfaat buat anda.

Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous