Pengertian dan Fungsi Router Dalam Sebuah Jaringan Komputer

Tech Things Blog | perangkat keras komputer. Salah satu pernagkat keras pada komputer yang mempunyai peranan dan fungsi yang penting ialah router. Buat anda yang masih awam mungkin tidak terlalu paham ihwal router dan apa fungsi router dalam sebuah jaringan komputer , namun tidak perlu kuatir alasannya ialah pada kesempatan ini gua akan menyebarkan sedikit berita mengenai pengertian dan fungsi dari router.
Pengertian Router adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya. Router dengan skala besar menyampaikan banyak sekali tingkat fungsionalitas tergantung pada tujuan bagaimana fungsi router dibuat. Menggunakan router yang sempurna sangat penting dalam jaringan komputer , sehingga Anda harus memahami banyak sekali jenis router dan fungsi router yang mereka berikan. Fungsi router pada umumnya adalah sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda dengan Switch , alasannya ialah Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.

Pengertian dan Fungsi Router

 Jenis-jenis atau macam-macam Router
1. Router Aplikasi
Pengertian Router aplikasi ialah aplikasi yang dapat kita instal pada sistem operasi , sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan menyerupai router , pola aplikasi ini ialah Winroute , WinGate , SpyGate , WinProxy dan lain-lain.

2. Router Hardware
Pengertian Router Hardware ialah sebuah hardware yang memiliki kemampuan menyerupai router , maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address , Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah , misalnya dari router ini ialah access point , wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

3. Router PC
Pengertian dan fungsi Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua , hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card  sudah bisa digunakan sebagai router PC. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk router PC dikala ini ialah Mikrotik

Artikel Terkait :
Itu tadi sedikit ulasan dari gua mengenai Pengertian dan fungsi Router , Semoga berita yang gua tulis ini bermanfaat buat anda. Jika terdapat kesalahan kata ataupun ejaan yang kurang sempurna mohon dimaafkan. Segala kritik dan saran silakan anda masukan pada kolom komentar yang sudah tersedia dibawah ini. Saya akan berusaha secepat mungkin menanggapi segala jawaban baik kritik atau saran dari anda.

Pengertian dan Fungsi Router Dalam Sebuah Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous