Memilih Gawai yang Sesuai untuk Bikin Vlog

Tech Things Blog |

Tentu kau sudah tidak absurd dengan istilah Vlog , bukan? Hadirnya vlog di banyak sekali layanan streaming video ibarat Youtube menunjukkan warna gres bagi media umum di Indonesia.
Vlog merupakan sebutan yang digunakan oleh para pengguna Youtube (Youtuber) untuk menjelaskan suatu video yang menceritakan acara seseorang. Tren vlog alias video blog ini kemudian berkembang sampai ke Indonesia.
Para blogger atau penulis dongeng di blog kenamaan ibarat Raditya Dika telah mulai meramaikan fenomena vlog ini. Melalui tampilan video , para blogger pun ramai menceritakan banyak sekali aktivitasnya lewat vlog yang disimpan dalam akun Youtube milik mereka.
Tak hanya para blogger yang mulai mencoba mengisahkan kehidupannya lewat vlog , kini marak muncul Youtuber yang juga mengikuti tren ini. Mereka lebih senang disebut sebagai vlogger sekaligus Youtuber.
bikin Vlog
Sumber gambar:freepik.com
Tren ini terus berkembang sampai ke para pengguna media umum lainnya. Tak hanya artis dan para vlogger kenamaan , semua pengguna media umum kini sudah bisa melaksanakan tren serupa.
Hanya dengan modal gawai yang canggih , serta ketersediaan paket internet , maka siapapun bisa menciptakan vlog di manapun mereka berada. Ya , dengan adanya kuota internet dan jaringan yang berkualitas , maka video blog bisa disebarluaskan kapan saja.
Meski begitu , saya pribadi lebih senang menikmati para vlogger bercerita lewat video yang mereka suguhkan. Itulah mengapa saya perlu menyiapkan pulsa dan paket data internet dengan jaringan berkualitas , biar bisa mengakses vlog di manapun saya berada.
Saya memilih operator XL untuk memenuhi kebutuhan saya menonton vlog. Dengan harga pulsa dan paket internet XL yang murah , operator ini bisa membantu saya menghemat setiap bulannya. Apalagi , saya selalu mengandalkan Traveloka untuk membeli paket data internet yang lebih murah dibandingkan gerai online lainnya.
Kalau kau ingin menerima harga pulsa XL yang murah dari situs web ini , coba klik https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa/xl untuk cara pembelian. Tapi , kalau ingin cepat , kau bisa eksklusif mengunduh aplikasi Traveloka di ponselmu.
Saya memang lebih senang menonton video-video tersebut. Namun , sempat terlintas di benak saya untuk mencoba membuat vlog , demi membuat blog saya ini lebih ramai dan berwarna.
Keinginan tersebut hasilnya saya mulai dengan mencari tahu gawai apa yang sebaiknya saya gunakan. Dari pencarian tersebut , saya menemukan berita bahwa vlog berkualitas ternyata juga bisa diciptakan dari sebuah smartphone.
Nah , smartphone seperti apa yang layak digunakan untuk membuat vlog? Simak ulasan berikut ini:
  1. All in 1
    Meski memiliki fungsi utama untuk berkomunikasi , ponsel pandai bisa digunakan untuk menciptakan video blog yang berkualitas. Hanya saja kita harus menemukan ponsel pandai yang setara dengan laptop atau komputer.
Ini berarti , ponsel tersebut bisa berfungsi untuk menangkap gambar dengan tepat , sekaligus menjadi perangkat untuk mengedit. Dengan ponsel pandai yang bisa mendukung fitur edit video dan bunyi dengan tepat , maka vlog yang dihasilkan juga sempurna. Selain itu , ponsel dengan kemampuan tahan air dan abu akan sangat mendukung performa kualitas vlog yang akan dihasilkan.
  1. Memori besar
    Ponsel dengan kapasitas memori/storage yang besar sangat penting untuk pembuatan vlog. Video akan memakan kapasitas memori lebih besar dibandingkan data lainnya ibarat dokumen atau foto.

    Itulah mengapa smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar bisa menjadi prioritas untuk menciptakan vlog. Selain itu , akan sangat baik untuk pembuat vlog , jikalau smartphone tersebut juga mendukung penggunaan memori eksternal sampai 256GB.
  2. Kamera
    Ini sesungguhnya yaitu senjata utama dalam pembuatan vlog yang berkualitas. Kamera dengan pixel yang tinggi serta bisa menghasilkan gambar yang jernih yaitu kamera terbaik untuk menciptakan vlog.

    Kamera dengan daya rekam video 4K serta memiliki OIS (Optical Image Stabilization) bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan hasil vlog yang memukau. Selain itu , pastikan kamera yang digunakan bisa mengunci obyek dengan cepat dan maksimal. Jika kamera tersebut mendukung efek blur mendalam atau DOF (Depth of Field) , maka hasil yang diterima juga akan semakin baik.
  3. Aksesori tambahan
    Tak hanya smartphone , pembuatan vlog ternyata juga perlu didukung oleh penggunaan beberapa tambahan tambahan. Mikrofon adalah salah satunya.
Dengan menggunakan mikrofon yang terhubung eksklusif dengan smartphone , maka bunyi yang dihasilkan akan lebih jernih dan berkualitas. Suara-suara absurd (noise) yang mungkin muncul ketika pengambilan gambar bisa tersamarkan dengan menggunakan mikrofon.
Itulah empat hal yang harus diperhatikan untuk memilih smartphone yang ingin digunakan sebagai ‘senjata perang’ menciptakan vlog berkualitas. Jadi kesimpulannya , semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki sebuah smartphone tentu sangat menentukan hasil kreasimu...
Saya akan mencoba tren ini nanti. Bagaimana dengan kamu? ingin ganti smartphone dengan spesifikasi yang lebih mempuni untuk menunjang aktifitas kamu? ada baiknya jikalau kau memperhatikan tips memilih dan membeli smartphone ini.

Memilih Gawai yang Sesuai untuk Bikin Vlog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous