PENGERTIAN SCANNER DAN FUNGSINYA

Tech Things Blog | INDOZA - Cara kerja , Fungsi serta Pengertian Mesin Scanner. Sejarah scanner dimulai dan berawal pada tahun 1860-an dikala Giovanni Caselli mencoba menyebarkan mesin telegraf untuk kepentingan komersial. Dari mesin telegraf inilah kesannya bermetamorfosis mesin Pantelegraf yang menjadi cikal bakal mesin faks. Alat ini bekerja dengan menggunakan santunan elektromagnet yang akan mensingkronkan alat lainnya di daerah yang jauh. Pada masa itu mesin ini sangat membantu alasannya bisa mengirimkan data berupa goresan pena tangan maupun gambar , walaupun kualitasnya masih begitu rendah. Pengertian mesin scanner atau alat pemindah ialah salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk memindahkan teks dokumen dan gambar ke dalam laptop atau komputer. Cara kerja mesin Scanner gotong royong hampir sama dengan mesin foto kopi dan perbedaanya ialah kalau mesin fotocopy hasilnya berupa lembaran kertas yang tidak bisa diedit atau di modifikasi sedangkan mesin scanner hasilnya dapat di tampilkan terlebih dahulu didalam monitor sebuah komputer atau laptop dan dapat di edit serta dapat di modifikasi sehingga akan menerima hasil yang lebih baik.
Fungsi Scanner ialah suatu alat yang berfungsi untuk merekam dan memindahkan goresan pena ataupun gambar pada kertas yang sudah tempatkan di atas lensa scanner dan menyimpanya ke dalam memory penyimpanan komputer atau laptop.

pengertian scanner dan fungsinya

Cara Kerja Mesin Scanner.
  • Tempatkanlah kertas bergambar ataupun teks pada layar beling Scanner anda kemudian tekan tombol scan pada mesin Scanner tersebut atau menu scan pada layar monitor mesin ini , maka scenner tersebut akan melaksanakan proses scanning.
  • Jika ada cahaya yang terpancar berarti scanner tersebut sedang melaksanakan scan dan hasil yang didapat akan pribadi dikirim pada sensor CCD.
  • Kenudian dari CCD akan dikirim menuju ADC dan  ADC akan pribadi memprosesnya lalu mengirimkan hasil scan tersebut menuju komputer atau laptop anda.
  • Setelah itu anda dapat masuk ke komputer anda kemudian hasilnya dapat anda edit atau anda modifikasi sesuai dengan impian anda dan anda juga bisa menyimpannya dalam komputer atau pribadi mencetak hasil dari scanning tadi menggunakan printer.
Macam-macam atau jenis-jenis scanner :
1. Flatbed Scanner.
2. Automatic document feeder.
3. Scanner Drum.

Saran artikel :


Itu tadi sedikit ulasan gue mengenai Pengertian scanner dan fungsinya , terimakasih telah berkunjung di situs kami dan biar artikel ini dapat bermanfaat buat anda.

PENGERTIAN SCANNER DAN FUNGSINYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous