Sejarah Perkembangan Sistem Operasi LINUX

Tech Things Blog | Sejarah Perkembangan LINUXLinux ialah sistem operasi yang berbasis Unix yang telah diciptakan oleh Linus Torvalds dan kemudian dikembangkan oleh GNU (General Public License). Linux bersifat open-source atau bebas digunakan atau didownload oleh pengguna komputer diseluruh dunia secara gratis atau juga disebut dengan istilah FOSS (Free / Open Source Software). Proyek GNU didirikan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman  , pada awalnya ia menyebarkan sebuah sistem operasi Unix - kompatibel disebut GNU , dimaksudkan untuk menjadi perangkat lunak sepenuhnya bebas . Banyak kegiatan dan utilitas yang disumbangkan oleh pengembang di seluruh dunia dan pada tahun 1991 sebagian besar komponen dari sistem sudah siap .

Sejarah LINUX

Linus Torvalds (Penemu Linux) menciptakan Linux Pada tahun 1991 dan Torvalds ialah seorang mahasiswa dari University of Helsinki di Finlandia yang telah lama menggunakan Minix. Minix ialah sebuah sistem Unix menyerupai non - bebas dan ia mulai menulis kernel sendiri. Pertama-tama dia mulai menyebarkan driver perangkat dan saluran hard-drive lalu pada bulan September dia menemukan desain dasar yang ia sebut Versi 0.01 dan Kernel ini disebut Linux lalu kemudian dikombinasikan dengan sistem GNU untuk menghasilkan sebuah sistem operasi bebas yang sangat lengkap . Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991 , Torvalds mengirimkan sebuah posting ke newsgroup comp.os. minix mengumumkan rilis versi 0.02  yang merupakan versi dasar yang masih diharapkan Minix untuk beroperasi. Kernel kemudian dengan cepat diperbaiki oleh Torvalds dan semakin banyak relawan berkomunikasi melalui Internet. Pada tanggal 19 Desember Linux  berdiri sendiri dan sistem Linux menyerupai Unix dirilis sebagai versi 0.11.
     (Sejarah Perkembangan Sistem Oprasi Linux) Pada tanggal 5 Januari 1992 , Linux Versi 0.12 telah dirilis dan ditingkatkan , kernelpun menjadi stabil. Dan Rilis berikutnya diberi nama Versi 0 ,95 yang merupakan fakta bahwa hal tersebut menjadi sebuah sistem dengan fitur lengkap. Torvalds merilis Versi 0.11 di bawah lisensi freeware yang merupakan karangan ia sendiri namun kemudian dirilis kembali Versi 0.12 di bawah lisensi GNU (General Public License) dan kemudian semakin banyak pula perangkat lunak bebas diciptakan untuk Linux selama beberapa tahun ke depan. Linux terus ditingkatkan melalui tahun 1990an dan mulai digunakan dalam dalam aplikasi dalam jumlah yang besar menyerupai web hosting , jaringan dan juga melayani basis data. Hal tersebut menandakan bahwa telah siap untuk penggunaan produksi Versi 2.2. Sebuah update besar untuk kernel Linux telah resmi dirilis pada Januari 1999 kemudia pada tahun 2000 , sebagian besar perusahaan komputer mendukung Linux dan dapat mengakui standar umum yang kesudahannya mampu menyatukan kembali dunia retak Perang Unix . Rilis utama berikutnya ialah V2.4 pada bulan Januari 2001.
Meski Torvalds terus menjabat sebagai manajer rilis kernel Linux namun ia menghindari bekerja di salah satu dari banyak perusahaan yang terlibat dengan Linux. Hal ini ia lakukan untuk menghindari anggapan orang-orang yang menduga ia mendukung pada suatu organisasi tertentu.

baca juga : Sejarah Perkembangan Komputer

Demikian sedikit ulasan dari saya wacana Sejarah Perkembangan Sistem Oprasi Linux , terimakasih telah berkunjung dan biar artikel ini bermanfaat buat anda.

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi LINUX Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous