Pengertian Email (Electronic Mail) serta Fungsinya

Tech Things Blog | mendaftar facebook atau twetter kita disuruh memasukan alamat E-mail terlebih dahulu , ,terus kalau belum punya email harus gimana..??kalau belum punya emai ya mesti buat email dulu dan bila anda mengalami kesulitan dalam pembuatan email mampu anda baca panduannya pada postingan yang pernah saya tulis terdahulu yaitu Cara membuat Email Yahoo dan Gmail Baru , pada artikel tersebuat sudah saya jelaskan secara singkat dan lengkap , jadi anda tidak akan merasa kebingungan ketika harus membuat email baru.
Kenapa sih harus pakai email segala..??terus apa sih fungsi emai itu..??
Nah buat anda yang ketika ini masih sangat awam atau belum mengerti apa itu email , pada kesempata ini saya akan membuatkan informasi mengenai Pengertian Email (Electronic Mail) serta fungsinya dan berikut ialah penjelasannya.

Pengertian Email (Electronic Mail) serta Fungsinya

Pengertian E-mail adalah Surat elektonik sebagai sarana mendapatkan dan mengirim surat melalui jalur Internet atau mampu juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis , yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client , aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client , contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya dibutuhkan untuk melaksanakan pengiriman (send) atau mendapatkan (recieve) email dari mailbox.

Cara Kerja Email :
  • Pengguna menulis email dan kemudian menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima. 
  • Aplikasi email mengirim email pada komputer ibarat mirip seakan-akan kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server. 
  • Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih akrab ke alamat tujuan. Ada kalanya , sebuah email dikirimkan melalui beberapa email server , tergantung pada rute yang dilaluinya.
  • Setelah email hingga pada alamat akseptor kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya. 
  • Saat akseptor membuka kotak posnya , aplikasi email akseptor akan meminta email gres yang terdapat di email server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna. 
  • Penerima dapat segera membaca email gres yang telah di unduh.

Jenis-jenis Email antara lain :

1. POP mail (Post Office Protocol)

Pop Mail

Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

2. Webmail.
Pengertian webmail

Pengertian Web Mail (Web based e-mail) ialah layanan email yang basis aksesnya ialah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses , memeriksa atau mengirim email , maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut

3. Email forwarding.
Email forwarding
Pengertian Email forwarding ialah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.
   Demikian ulasan singkat dari saya mengenai pengertian dan fungsi dari email , terimakasih telah berkunjung dan biar artikel ini bermanfaat buat anda.

Pengertian Email (Electronic Mail) serta Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous