Pengertian Fungsi dan Jenis Jenis Modem

Tech Things Blog | INDOZA - Belajar memahami pengertian modem , fungsi modem dan membedakan jenis-jenis modem dalam sebuah jaringan komputer. Modem merupakan sebuah alat yang fungsi utamanya yaitu menyambungkan komputer atau PC ke internet dengan kata lain tanpa adanya modem komputer tidak dapat tersambung ke internet. Modem menjadi salah satu perangkat komputer yang mempunyai peranan penting dalam Sejarah Perkembangan Komputer di dunia alasannya yaitu tanpa alat ini komputer tidak akan dapat tersambung ke internet , namun dengan terus berkembanganya teknologi belakangan ini nampaknya fungsi modem mulai tersisih oleh kehadiran wifi.
Modem pertama kali ditemukan oleh Dennis C. Hayes pada tahun 1977 dan pada ketika itu modem dipergunakan untuk komputer personal (PC) dan terus mengalami perkembangan menyerupai ketika sekarang ini. Modem merupakan kepanjangan dari modulator-demodulator. Modulater ialah bab yang mengubah sinyal berita kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan sedangkan pengertian demodulator yaitu bab yang memisahkan sinyal berita (data atau pesan) dari sinyal pembawa yang di terima sehingga berita tersebut dapat diterima dengan baik. modem sendiri yaitu penggabungan dari modulator dan demodulator yang artinya yaitu alat komunikasi dua arah.

Pengertian Modem , Fungsi dan Jenis-jenisnya

Secara garis besar fungsi modem yaitu sebagai berikut :
  • Flow Control : Modem mempunyai variasi yang berbeda dalam kecepatan pengiriman sinyalnya , dengan demikian akan menjadi duduk perkara ketika mereka saling bertukar data. Dengan adanya flow control ini modem akan saling menyesuaikan kecepatan baik mendapatkan ataupun yang mengirim data sehingga tidak terjadi overload.
  • Mengoreksi Error : Modem mempunyai fungsi dalam mendeteksi error yang dalam artian apakah berita yang diterima rusak atau tidak. Modem yang terlibat dalam koreksi error ini membagi berita ke dalam paket yang disebut frame. Sebelum mengirim berita ini , modem akan melabelkan masing-masing frame dengan checksum. Checksum merupakan metode memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer. Modem yang mendapatkan berita tersebut akan eksklusif memeriksa apakah berita tersebut sesuai dengan checksum yang dikirim oleh masing masing modem. Jika gagal untuk mencocokkan dengan checksum yang dikirim berita tersebut akan dikirim kembali.
  • Mengompresi Data : Untuk mengompresi data akan dilakukan modem bersama dalam satuan bit yang dikirim. Bit tersebut dikelompokkan bersama oleh modem dan selanjutnya akan mengompresi mereka.

Berdasarkan Pemasangan pada komputer dan letaknya jenis-jenis modem dapat di bedakan menjadi dua yaitu Modem internal dan Eksternal.

1. Modem Internal
Pengertian Modem internal yaitu modem yang bentuknya menyerupai dengan LAN card yang kita pasangkan yaitu pada salah satu slot komputer serta memakai power suplply dari PC. Modem internal merupakan modem yang letaknya di dalam CPU dan menancap eksklusif ke motherboard.

2. Modem Eksternal.
Pengertian Modem eksternal yaitu modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini yaitu dengan cara menghubungkan modem ke power dan di hubungkan lagi ke adaptor kemudian disambungkan.

Berdasarkan jenis koneksinya , modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis , antara lain sperti berikut :

1. Modem analog.
Pengertian Modem analog yaitu modem yang mendapatkan data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data setelah itu mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan pada komputer , atau mampu juga sebaliknya. Modem analog biasanya digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon , dan kemudian disebut modem dial up.

2. Modem DSL
Pengertian Modem DSL (digital subscriber line) yaitu salah satu jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi (PC) ke Internet.  Modem  DSL dapat menyediakan saluran Internet yang cepat , alasannya yaitu dirancang untuk digunakan dengan koneksi DSL berkecepatan tinggi. Koneksi modem DSL dianggap jauh lebih cepat daripada koneksi dial-up internet. Selain kecepatan yang lebih besar , layanan DSL memungkinkan pengguna untuk berbicara di telepon sambil mengakses internet.

3. Modem Kabel
Modem Kabel (cable modem) , yaitu perangkat keras yang fungsinya menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2 ,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel , komputer harus dilengkapi dengan kartu eternet.

4. Modem CDMA
Pengertian Modem CDMA (Code Division Multiple Acces) yaitu sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz. Contoh : modem smartfren

5. Modem GSM.
modem GSM yaitu modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya. Modem GSM ini akan dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari provider apapun asalkan menggunakan kartu provider GSM , menyerupai misalnya kartu telekomunikasi (atau kartu koneksi) dari PT Telkomsel , atau produk-produk XL Axiata , Axis , Indosat dan lain. pola : modem Telkomsel flash , dan untuk berita wacana harga modem mampu anda baca pada ulasan yang pernah saya tulis terdahulu yaitu : Modem Gsm Terbaik dan terepat.

Artikel terkait dengan Pengertian Modem , fungsi dan jenis-jenisnya :
Itu tadi sedikit berita dari saya , terimakasih telah menyempatkan sedikit waktu untuk mengunjungi blog ini dan biar ulasan ini bermanfaat buat anda.

Pengertian Fungsi dan Jenis Jenis Modem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous